Jumat, 25 Mei 2012

Make your android like xperia play with sixaxis + ps3 controller


Bismillahirrahmanirrahim

udah lama banget ane gak posting tentang tutorial2 yang lumayan berat kaya postingan ini,kebanyakan game cemen gak baik juga buat blog ane dan sekarang ane coba nge share cara pakai ps3 controller (stick ps3) di Android agan2 sekalian. dibawah adalah bahan2 yang harus di persiapkan terlebih dahulu.


Image Hosted by ImageShack.us

1. Android Devices

Image Hosted by ImageShack.us

   Pastinya untuk memudahkan tutorial ini agan harus punya Android Devices yang compatibel dengan Sixaxis yang nantinya bakalan digunain, ane test pake Sixaxis ini di Xperia Arc S dan work perfect,gak ane foto karena ane pake nih hp buat foto bahan2 yang digunain. ane pernah nyoba di Galmin tapi gak compatible karena galmin ane pernah ganti mesin,dan ane pernah baca klo galmin bisa pake sixaxis ini,jadi gak ada salahnya kita coba.

2. PS3 Controller (ORI maupun KW)

Image Hosted by ImageShack.us

  Bahan yang dibutuhkan selanjutnya adalah Stick PS3 itu sendiri. ane pake stick ps3 ORI yang di dapet dari beli ps3 pas pertama kali,tapi gak usah takut pake KW juga bisa kalo menurut ane karena yang membedakan ORI dan KW adalah kualitasnya. oh ia jangan lupa usb buat nyolokin PS3 controller ke pc juga harus ada. oke lanjut ke bahan No. 3

3. Sixaxis Compatibility Checker (Market) dan Sixaxis Controller

Image Hosted by ImageShack.us

 Untuk bahan ke 3 yang kita perlukan adalah aplikasi Sixaxis Compatibility Checker yang bisa di unduh lewat Playstore. untuk Sixaxis Controller sudah sepaket ane kasih tinggal download di bawah :

--- Sixaxis Controller & Sixaxis Pairtool (IDWS) --- , Passwordnya : iqbal244

nanti ketika di extract akan ada folder map, aplikasi Sixaxis Controller dan pairtoolnya,untuk isi folder map nanti akan saya bahas di bawah.

4. PC atau Laptop untuk mengenerate Local Bluetooth Address

  Bahan terakhir yang di butuhkan adalah seperangkat alat Personal Computer (PC) maupun Laptop. fungsi nya adalah untuk mengenerate Local Bluetooth Address yang nantinya akan kita cocokan pada Android Devices yang kita miliki.

Tutorial Sixaxis Controller for Android Devices

1. Download dan Install :
    -Sixaxis Compatibility Checker dari Market
    -Sixaxis Controller pada android agan dan Sixaxis pairtool pada laptop/pc agan

2. Buka Sixaxis Compatibility Checker yang ada pada android agan,lalu pencet tombol start,nanti jika android agan compatible dengan aplikasi ini akan ada pemberitahuan dan akan muncul Local Bluetooh Address di bagian bawah layar android agan.jika tidak ada hentikan di step ini dan jangan lanjutkan ke langkah selanjutnya. jangan di tutup aplikasinya lanjut ke langkah 3

3. Buka Sixaxis Pairtool yang tadi sudah di install di komputer/laptop agan,lalu colokan PS3 Controller pada  laptop/pc agan dan nanti akan muncul angka pada Sixaxis Pairtool,masukan nomoro Local Bluetooth Address yang ada pada android agan ke aplikasi pairtool lalu klik update

Image Hosted by ImageShack.us

jika sudah cabut Stick ps3 dari laptop/pc agan lalu lanjut ke langkah ke 4

4. buka aplikasi sixaxis controller di android agan,jangan buka yang compatibility checker ya,buka yang sixaxis controllernya yang ada di paket download link ane di atas. lalu klik start dan tunggu sampai muncul tulisan Driver starting lalu pencet tombol PS di Stick ps3 agan,yang lambang PS tombolnya ada di tengah dan kalau nanti tersambung akan muncul tulisan Client Connected seperti di SS Arc ane

Image Hosted by ImageShack.us

lalu pilih Change IME dan pilih Sixaxis Controller, sampai saat ini PS3 Controller sudah tersambung dengan android agan,nah sekarang coba pindahkan semua isi di dalam folder MAP yang ada di paket download link atas ke SDcard>Data>com.dancingpixelstudios.sixaxiscontroller>profiles, jika sudah lanjut ke langkah 5

5. buka kembali aplikasi sixaxis controller di android agan lalu di pilihan active touch profile bisa agan pilih sendiri mau di pakai game apa ini sticknya,contoh agan mau main game GTA3,pilih saja GTA3. pastikan bluetooth di android agan menyala terus dan client connected sudah muncul di aplikasi sixaxisnya,serta jika sudah terhubung lampu pada Stick PS3 tidak akan kedap kedip lagi. haha

6. sekarang coba agan buka game GTA3 dan mainkan dengan Stick PS3 nya,oh ya untuk melihat pencetan pada PS3 yang akan di gunakan pada game GTA3 buka aplikasi Sixaxis Controller>pencet tombol other>preferences>edit touch profiles>pencet layar 2 x>load Profile>GTA 3



NOTE : Sebenernya sih pengen ane buatin video tutorialnya,tapi nunggu ada waktu dan kamera yang bagus dulu baru ane buat.hehe

---Selamat Mencoba---

0 komentar:

Posting Komentar