Jumat, 22 Juli 2011

Flashing CyanogenMod 7.1 MADTeam ROM ke Samsung Galaxy 5

Flashing CyanogenMod 7.1 MADTeam ROM ke Samsung Galaxy 5
Flashing CyanogenMod 7.1 MADTeam ROM ke Samsung Galaxy 5 - CyanogenMod 7.1 (CM 7.1) adalah modifikasi dari sistem operasi (ROM) Android 2.3.4 (Gingerbread). Karena dari pihak Samsung tidak akan memberi jatah ‘roti jahe’ ke hape ini, maka berikut cara terbaik untuk merasakan roti jahe
INGAT proses berikut akan menghilangkan garansi, seperti biasa, resiko tanggung sendiri.

Bagian A : Samsung KIES

1. Install Samsung KIES untuk menginstall driver handphone dan USB debugging.
2. Hubungkan handphone dengan komputer melalui kabel USB, sesaat akan menginstal driver handphone.
3. Aktifkan mode “KIES” di handphone dan selesaikan proses di KIES.
4. Tutup KIES dan cabut handphone dari komputer.

Bagian B : Persiapkan File

1. Buat folder, misalkan “Galaxy5
2. Download “Odin_Multi_Downloader_v4.28.exe” dan “EUROPA_v1.0.ops”.
3. Download ROM froyo terakhir dari samfirmware.com, cari tabel Asia dan download yang Android version 2.2 dengan kode I5503DXJXX (untuk Juli 2011: I5503DXJP8). Setelah download lalu ekstrak sekali sehingga terlihat file .tar. File ROM ini untuk mengupdate baseband saja.
4. Download ClockWorkMod dari forum MADTeam.
5. Download ROM CM 7.1 terbaru dari forum MADTeam. Bila baru pertama kali flashing ke CM 7.1, download 3 file, Full update package (update-cm-7.1.0-RC1-MADTEAM-vX.X-signed.zip), Hotfix package (vX.X-hotfixX.zip), dan Google Apps package (gapps-gb-DATE-signed.zip).
6. Masukkan semua file di atas ke dalam satu folder “Galaxy5″.


Bagian C : Persiapan Handphone

1. Dikarenakan setelah flashing dan bila terhubung dengan Internet, semua aplikasi yang terinstall akan otomatis terdownload lagi, maka sebaiknya uninstall aplikasi-aplikasi 3rd party.
2. Matikan handphone, cabut SD Card dan SIM card.
3. Backup file-file penting di SD Card ke PC. Partisi SD Card menggunakan Minitool Parition Wizard.
4. Partisi dengan konfigurasi FAT32 dan EXT4 (maks. 1GB); harus dalam urutan tersebut dan semua tipenya PRIMARY. Lalu format SC Card tersebut.
5. Masukkan SD Card ke handphone.
6. Dalam kondisi masih mati, tekan dan tahan tombol berikut di handphone: volume turun + tombol tengah + tombol power (pojok kanan bawah); sampai keluar simbol segitiga kuning dan tulisan “Downloading…“.

Bagian D : Update Baseband

1. Jalankan Odin_Multi_Downloader_v4.28.exe.
2. Hubungkan handphone (masih dalam mode Downloading) ke PC. Pastikan kotak di bawah “COM Port Mapping” pada Odin berwarna kuning. Bila tidak berarti ada masalah dengan kabel USB Anda.
3. Klik tombol OPS lalu pilih file EUROPA_v1.0.ops dan centang Protect OPS.
4. Centang One Package dan Auto Reboot, klik tombol One Package lalu pilih file I5503DXJP8-I5503DXJP7-I5503OLBJP7_HOME.tar.
5. Tahan napas lalu klik tombol Start untuk memulai flashing. Biarkan proses ini berjalan jangan dihentikan, pastikan sumber listrik PC ada backupnya :D
6. Setelah flashing selesai, otomatis akan reboot dan masuk mode “Android system recovery”. Pilih opsi “wipe data/factory reset” lalu “Yes — delete all user” lalu “reboot system now”.
7. Setelah booting selesai, skip semua opsi. Maka Android Anda berhasil upgrade ke Froyo (2.2), namun kita tidak membutuhkan froyo namun hanya update basebandnya.

Bagian E : Flashing ClockworkMod Recovery

Lakukan seperti Bagian D, hanya pada langkah 4, pilih file ClockworkMod-Galaxy5-vX.X.tar.
Pada langkah 6: 6. Masuk ke ClockworkMod Recovery, pilih opsi Wipe Data/Factory Reset lalu Yes — delete all user data.
7. Pilih opsi Mounts & storage lalu mount USB storage. Handphone Anda akan terdeksi di PC sebagai flash drive. Copy 3 file update-cm-7.1.0-RC1-MADTEAM-vX.X-signed.zip; vX.X-hotfixX.zip;gapps-gb-DATE-signed.zip lalu tekan tombol back.
8. Pilih opsi Install zip from sdcard lalu choose zip from sdcard; install satu per satu dengan urutan: update-cm-7.1.0-RC1-MADTEAM-vX.X-signed.zip, vX.X-hotfixX.zip, dan gapps-gb-DATE-signed.zip.
9. Lalu reboot system now.


Bagian F : Roti Jahe

1. Setelah booting selesai maka Android Anda telah terinstall CM 7.1 cita rasa roti jahe :D Dan seperti biasa saat masih Androidnya fresh, input informasi yg diperlukan seperti login akun Google, enable Google sync, install aplikasi-aplikasi dasar, dll. Bila tidak ada akses Internet bisa diskip dulu.
2. Sebelum download banyak aplikasi, aktifkan fitur mad2sd agar file sistem aplikasi dipindahkan dari internal storage (yang hanya 130an MB) ke partisi EXT4 (bisa sampai 1 GB) dan berlaku ke aplikasi yang akan terinstall nantinya.
3. Jalankan app Terminal Emulator. Ketik su -> enter -> mad2sd on -> enter -> reboot -> enter. Reboot akan terjadi dua kali.
4. Modifikasi konfigurasi CPU. Masuk ke Settings -> CyanogenMod settings -> Performance -> CPU settings:
- Available governors : SMARTASS
- Min CPU frequency : 122 MHz
- Max CPU frequency : 729 MHz
- Centang Set on boot
5. Back -> Compcache RAM Usage -> Disabled
6. Bila aplikasi-aplikasi Google tidak bisa didownload, download manual dari CM7 Google Apps. Estrak file .zip, cari .apk, install dari handphone.

0 komentar:

Posting Komentar