Jumat, 19 April 2013

How to Play HD games on Android without LAG


Bismillahirrahmanirrahim

nah setelah saya dapat masukan untuk posting beberapa trik yang dapat mengurangi Lag pada suatu game makan akan saya memberikan beberapa tips dan triknya. Tips dan trik disini murni dari pengalaman saya (iqbal244) selama memainkan dan mencoba game - game yang pernah ada di android, jadi saya gak copas dari mana - mana. cekidot

1. Perhatikan Spesifikasi Android anda




ya yang paling utama mengapa Game di Android sering Lag / patah - patah / bahkan sama sekali gak bisa di mainkan adalah karena spesifikasinya tidak memungkinkan bagi suatu Android untuk memainkan game berat. Ada beberapa point penting yang harus di perhatikan ketika agan tidak ingin LAG dalam memainkan game.

Pertama adalah GPU (Graphic Processing Unit) / VGA sebutanya kalau di Komputer. Gpu mempunyai tugas untuk me render bahasa game yang akan di mainkan, Maka dari itu semakin tinggi jenis Gpu maka akan semakin sempurna hasil renderan Grafik dari game yang kita mainkan. ada beberapa Gpu yang saat ini ada di pasaran yaitu Adreno,Mali,Powervr,Tegra,dll. Nah dari sepengalaman saya lebih suka sama Adreno, dari dulu pakenya Adreno (Galmin,lww,smartfren Andro,axioo vigo 410,sensation xe) dan Alhamdulillah sekitar 98% dari game yang saya download bisa semua di adreno,hanya game2 tegra saja yang tidak bisa.

Kedua adalah Processor. Pasti agan2 sudah pada tau kan inti dari android dan komputer adalah processornya, karena processor ini berfungsi layaknya otak pada Android dan komputer. Sekarang sudah sangat banyak processor yang di tanamkan pada perangkat android mulai dari Singlecore,dualcore,quadcore sampai octa core dengan inti 8 processor. Dualcore menurut saya sudah cukup untuk memainkan game-game HD. oh ya setau saya semakin tinggi processor maka akan semakin terkuras batre yang digunakan

Ketiga ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan namun tidak akan saya bahas secara detil yaitu RAM (Read Acces Memory), ROM (Read Only Memory) dan Kernel.

TIPS : Gpu (Adreno 205,Mali 400,Powervr Sgx540,Tegra3)

2. Class pada Micro SD




Nah faktor yang kedua agar bermain game di Android agan tidak terjadi LAG parah adalah faktor Class pada Micro SD. Banyak pengguna android yang tidak mengetahui secara detil fungsi Class pada micro Sdnya masing-masing. Nah sebenernya apa sih yang membedakan Class pada tiap - tiap micro sd? Yang membedakan adalah Kualitasnya, lalu kecepatan Read dan Write data yang ada di dalamnya. Game android jaman sekarang sangat berbeda dengan pada awal masa kehadiranya sekitar tahun 2011an sewaktu saya pertama punya Galaxy mini. Game HD hanya berkisar 100-300 mb saja namun sekarang sudah bisa mencapai 4Gb maksimal yang diberikan google kepada para developer untuk mengembangkan aplikasi dan Game pada android.

Maka dari itu kecepatan Read data sangat di perlukan untuk si Android membaca data game yang ada pada directory di Micro Sdnya masing - masing. Semakin tinggi Class micro sd maka akan semakin cepat pula kinerja android dalam memainkan game HD.

TIPS : Microsd (Sandisk,Transcend,Team,etc min class 10)

3. Overclock



Mungkin buat agan2 yang masih baru / awam dengan Android tidak ingin melakukan hal ini. Sebetulnya apa sih yang di maksud Overclock? jadi gini Overclock disini dimaksudkan untuk menaikan Default maksimal processor yang ada pada android agan. Misalnya Galaxy mini maksimal bawaan pabrik hanya 600 mhz, namun jika sudah di overclock bisa mencapai 900mhz. Nah sebetulnya overclocknya masih tabuh juga ya, ada yang bilang bisa cepat merusak android, ada juga yang bilang tidak berpengaruh banyak dan ada yang berpendapat bahwa inilah cara terampuh untuk mengingkatkan kinerja si Android dalam memainkan game HD.

Overclock dilakukan dengan cara membuild Kernel yang ada pada tiap - tiap android dimana biasanya dilakukan menggunakan Linux(ubuntu,dll). Karena ane kurang paham dalam hal ginian jadi di skip aja :D

TIPS : Overclock lalu naikan sekitar 20% - 30% dari maksimal processor bawaan (Setcpu,no frilis,dll) lalu rubah profilenya menjadi Performance

===Semoga Bermanfaat===

NOTE :

- Disini saya tidak bermaksud menggurui karena saya tau bahwa Ilmu saya masih sangat rendah dibanding dengan banyak orang yang jauh lebih mengerti tentang Android dibanding saya. Saya hanya coba berbagi beberapa pengalaman selama saya menggunakan Android

- Tidak ada unsur paksaan untuk mengikuti tips saya di atas, jika agan ingin kinerja Androidnya lebih baik bisa di ambil beberapa point diatas

- Jika ada kesalahan kata - kata yang saya ungkapkan di atas mohon koreksinya karena sebagai manusia tidak akan pernah luput dari kesalahan :)

- Jika agan ada yang mau mengcopas tips dan trik saya di atas mohon sekiranya di cantumkan Link asli dari blog ini, Hargailah kami yang susah payah dalam membuat tips dan trik di atas


0 komentar:

Posting Komentar