Selasa, 25 Juni 2013

Tips Oprek pada perangkat Android


Bismillahirrahmanirrahim

kali ini saya akan membahas dan membagikan beberapa tips penting untuk agan - agan yang ingin mengoprek Androidnya. Ada yang perlu di perhatikan tentang hal-hal yang tidak perlu dan perlu kita lakukan sebelum maupun sesudah mengoprek android. Tips ini murni dari hasil pengalaman saya selama sekitar 2 tahun mengoprek lebih dari ratusan HH Android. ikuti tips yang ada di bawah ini

1. Ketahui Alur Oprek pada tiap - tiap Brand Android




Tiap Brand atau Merk mempunyai alur opreknya masing-masing dan hampir tidak ada Brand yang memiliki alur oprek yang sama dengan brand yang lainya. Sebagai contoh saya ambil kasus pada perangkat android Samsung dimana alur opreknya adalah sebagai berikut :

Install Cwm recovery lewat odin / Recovery mode bawaan => Partisi memori (ext2/ext3/ext4) => Install custom rom lewat cwm recovery => Install gapps (optional) => install tweaks lewat cwm (ungaze,a2sd,swap,dll) => done

Nah untuk berhasil sampai tahap terakhir pada oprekan, kita semua harus tau alur dari masing - masing device Android yang kita miliki. Contoh lainya pada sony/sony ericsson dimana alur opreknya sebagai berikut :

Pastikan versi firmware/baseband cocok dengan custom rom yang akan di install => Unlock bootloader terlebih dahulu => Install custom kernel lewat fastboot / flashtool => Partisi memori (optional, karena kebanyakan device sony mempunyai internal yang cukup besar) => Install custom rom lewat cwm(didapat dari custom kernel) => Install gapps(optional) => install fix.zip pada custom kernel (untuk menyempurnakan fungsi wifi pada custom kernel) => done


begitu pula dengan brand yang lain, kita harus mengetahui alur opreknya secara benar.

2. Siapkan secara matang Bahan, Alat oprekan dan Driver




Nah hal penting lainya yang harus kita perhatikan adalah bahan oprekan seperti Firmware, Aplikasi untuk flash firmware android kita,fastboot,adb,dll serta jangan lupa yang paling penting adalah driver itu sendiri. Dikarenakan banyak kejadian dimana user android gagal dalam mengoprek androidnya (stuck pada proses flashing) dikarenakan driver yang tidak terinstall secara benar. Sediakan bahan sebanyak banyaknya dan selengkap - lengkapnya untuk mengantisipasi kejadian yang tidak kita inginkan pada perangkat Android kita. Untuk alat siapkan saja Kabel usb untuk android yang akan kita oprek, atau bisa juga sediakan Adapter untuk mempartisi memori,dll peralatan yang kita butuhkan.

3. Ikuti tutorial dari Sumber yang terpercaya




Faktor ke tiga ini juga sangat diperlukan untuk kita berhasil mengoprek Android yang kita miliki sampai selesai. Banyak ditemui Tutorial dimana pada proses oprekan dan bahan tidak terpampang secara rinci / link download untuk bahan oprek sudah mati. Usahakan ikuti tutorial pada group resmi dari tiap - tiap seri Android yang akan kita oprek dimana didalamnya kita bisa melihat,mendownload,dan bertanya kepada para penghuninya disana dimana itu akan menjadi poin plus untuk kita sebelum dan sesudah mengoprek android yang kita miliki.

4. Jangan sok Tahu & belajar dari kesalahan

hehe kayanya ini juga menjadi tips yang penting dimana dalam proses oprek Android dibutuhkan fokus dan sebisa mungking menghindari kesalaan sekecil apapun (asseeekk). Saya memberikan tips ini dari pengalaman gagal saya terdahulu dimana pernah membuat Brick (mati total) galaxy mini dikarenakan menginstall dan mendownload rom dari Rom manager dan pernah membuat Xperia mini pro layarnya tidak bisa di sentuh setelah salah menginstall custom rom Hybroman (untuk Live with Walkman). Sebisa mungkin baca dan ketahui hal - hal apa saja yang tidak boleh kita lakukan pada Android yang akan kita oprek, hindari Bootlop dan Brick pada android kita adalah hal terpenting untuk menjaga keamanan Android yang akan kita oprek.

5. Baca doa sebelum mengoprek Android

Nah ini seharusnya jadi poin pertama dimana ketika semua bahan dan tutorial sudah siap, sebisa mungkin membaca doa terlebih dahulu agar proses oprekan diberikan kemudahan,keselamatan,kelancaran dan kesuksesan serta Android yang kita ingin oprek bisa terhindar dari hal - hal yang tidak di inginkan. amien :)

6. Sediakan minuman dingin & cemilan

Ini sih cuma optional aja, karena hampir tiap ngoprek Android saya selalu menyediakan Kopi Dingin untuk menenangkan pikiran dan hati agar bisa fokus dalam mengoprek android. Sebisa mungkin kita mengoprek android dalam keadaan yang fit (tidak dalam keadaan sakit / mengantuk)

kayanya segitu dulu tips dari saya, semoga kedepanya lebih banyak tulisan bermanfaat yang bisa saya tulis dan bagikan lagi disini. Kalo mau copas boleh boleh aja asal jangan lupa cantumin link asli blog saya : iqbal244-android.com, karena kita sesama Androiders harus saling menghargai hasil jeri payah orang lain :D

Wassalam ~ iqbal244

0 komentar:

Posting Komentar