Senin, 18 Juli 2011

Malware Baru Jangkiti Android Market China

Tim peneliti yang dipimpin oleh Asisten Profesor Xuxian Jiang dari North Carolina State University

Malware Baru Jangkiti Android Market China - Tim peneliti yang dipimpin oleh Asisten Profesor Xuxian Jiang dari North Carolina State University, Department of Computer Science telah menemukan malware baru pada 10 Juli yang lalu. Menurut Jiang, tim peneliti menemukan 4 kasus dari malware yang mereka sebut HippoSMS di Android Market Cina.

Pengguna perangkat Android yang telah terinfeksi oleh malware tersebut tidak sadar jika mereka telah dikenakan biaya telepon tambahan. HippoSMS tersembunyi di aplikasi host, dan ketika aplikasi host berjalan, HippoSMS mengirimkan pesan SMS ke nomor premium.

HippoSMS juga memantau pesan teks yang masuk dan menghapus setiap pesan yang datang dari nomor yang diawali dengan angka 10. Layanan pemberitahuan dari sebagian besar jaringan telepon selular di China biasanya dimulai dengan angka 10. Konsekwensinya, pengguna yang telah terinfeksi HippoSMS pada perangkat Android mereka tidak akan tahu saldo mereka.

Tim Jiang segera dikoordinasikan dengan laboratorium penelitian lain dan antivirus mobile/perusahaan keamanan untuk ekstraksi signature, sehingga scanner antivirus dan antimalware dapat mendeteksi HippoSMS. Beruntung, karena sepertinya malware lokal China ini hanya menargetkan pengguna yang berbasis di negara tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar